Baso Kemon VS Baso Boedjangan, Maknyus Mana?





Assalamualaikum KacangMata Readers, 

Kalau biasanya dipostingan sebelumnya saya ngereview buku yang recommended, kali ini agak berbeda karena saya akan nge-review Baso yang lumayan ngehits di kota saya, Bekasi.

Jadi ceritanya pagi-pagi perut dilanda lavar. Terus, Aqiqah liat-liat Grabfood karena lagi pengen banget yang namanya Baso Kemon. Sempet denger dari kakak sama temen yang ngerekomendasiin Baso Kemon inih. “Enak tuh Yun, baso kemon di galaxy, rame yang beli”

Tapi pas searching di Grabfood ternyata gak ada dong baso kemon di aplikasi grabfoodnya, akhirnya saya langsung telepun mpok saya yang tinggal di Galaxi. Saya minta tolong pesenin ke doi, karena doi punya aplikasi Go-food dan minta tulung orderin ke alamat rumah my parents. Tapi ternyata karena masih jam 10 pagi baso kemonnya belum buka. Akhirnya baru bisa order jam 12 siang. 

Sekitar jam satu lewat baso kemon pun datang, tadinya saya cuma nitip ke mpok saya dan bilang bayar basonya di rumah aja, tapi ternyata mpok saya bilang “Udah gausah, udah dibayar kok pake Gopay. Kamu kasih uang tip nya aja ya ke abangnya.” Alhamdulillah, rezeki orang lavar. :’)
Oiya, menu-menu di baso kemo ini namanya unik-unik loh guys:


Baso Kemon: Kemon Polos
Baso Kerat: Kemon Urat
Baso  Kacab: Kemon pakai Cabe
Baso Kembar: Kemon Bakar
Baso Kece: Kemon Ceker
Baso Ketahuan: Kemon pake tahu baso dan tahu kepong
Baso kemal: Kemon malang
Baso keju
Baso kelor: Kemon telor
Baso Kemrusuk: Kemon rusuk
Baso kelana: Kemon tulang ada sumsumnya
Baso Kentung: Kemon Telur Gunung


  Untuk kisaran harga mulai dari Rp.18.000-Rp.38.000
 
Dan yang waktu itu saya order baso kacab, kentung, kelana, kerat, sama baso keju. Tapi yang saya cobain cuma baso kacab sama keju. hehehe
Overall, dari semua varian baso yang saya order, saya paling suka baso keju. Tapi disini untuk soal taste, kita bahas satu-satu ya guys. :D

Baso Kacab
Pertama dibuka dari kemasan, ada rawit merah manjah, yang berenang-renang pada kuah yang sepertinya ulala. Tapi pas saya seruput kuahnya, ternyata pedesnya sama sekali gak ada “gregetnya”. Mungkin karena saya pecinta pedas jadi bagi saya kuah dari baso kacab ini kurang pedas. Setelah saya seruput kuahnya, sayapun perlahan membelah basonya untuk melihat cabe didalamnya. Dan ternyata pedas yang dihasilkan dari isi baso ini lumayan membuat lidah bergoyang. Selain cabe, saya merasakan ada sedikit campuran urat dari baso kacab ini. Dari 1-10, saya kasih nilai 7 deh untuk baso kacab ini. :3

Baso Keju
Baso keju ini favorite saya di baso kemon. Waktu saya membelah baso ini, saya kira kejunya akan melting ke kuahnya, tapi ternyata kejunya enakkk dan kenyal karena keju yang dipakai adalah keju mozzarella. Saran saya kalau makan baso keju ini kuahnya ditambahin cabe yang banyak (bagi yang suka pedas) agar rasanya pas dan maknyus. Dari 1-10, saya kasih 7,5 untuk baso keju yang gurih-gurih nyoy ini.

Oiya, untuk kaldu kuahnya menurut saya segar, namun sayangnya kurang gurih. Mungkin kuah ini less micin atau gimana gitu yah, bagi saya kuah baso dari kemon ini terasa kurang nampol.

Mama sama Papa saya cobain yang baso kelana, untuk baso kelana sendiri ternyata baso plus tulang sumsum yang terpisah. Ekspektasi saya, saya pikir tadinya sumsumnya ini jadi isi basonya tapi ternyata engga guys, dan karena saya gak suka tulang sumsum saya gak mau icip basonya huhu. Untuk baso Kentungnya dibawa abang saya kerumahnya (ini basonya tinggi gitu bentuknya mirip gunung) dan untuk baso keratnya untuk babang gojeknya.
Jadi yang baru bisa saya review berdasarkan pengalaman dan saya rasakan baru baso kacab dan keju saja ya guys. Silahkan dicoba rasa yang lain biar gak penasaran :D

Untuk teman-teman yang mau order bisa banget pake Gofood, karena di Grabfood belum ada baso kemonnya. Dan kalau mau order baru bisa jam 12 siang. Atau kalau mau langsung dateng juga syok atuh, alamatnya di Jl Pulo Sirih Utama FE no 333 Galaxy deket sama RS Hermina. Kalau teman-teman langsung makan di kedainya sih bisa pakai batok kelapa yang unik gitu deh. Tapi kalau mau take away kemasannya dari plastik dan kemasan ala cup gitu.

Baso Boedjangan
“Ingat Baso? Ingat Boedjangan” kira-kira gitu slogan baso hits satu ini.
Dari baso Kemon, saya justru lebih dulu cobain baso Boedjangan, pertama cobain baso Boedjangan waktu zamannya kerja di daerah tebet. Dan sumpah itu kedainya ramee banget. Bahkan waktu pertama kali buka di daerah Tebet sampai nungguin pengunjung lainnya selesai makan dulu karena udah gak kebagian tempat, masuk waiting list dan makan enak itu perlu perjuangan serta kesabaran guys :’)

Waktu di tebet saya cobain Mie Yamin hitam sama lagi-lagi baso keju. Hehehew :p
Tapi saya lupa rasanya, yang saya inget pokoknya enyak aja, karena itu udah sekitar 2 tahun yang lalu. Ternyata kabar baiknya ulala, baso Boedjangan hadir dikota saya, yakni Bekasi tercinta di tahun 2018 ini. Dan kedai baso Boedjangan ini lumayan cukup besar dan kece banget.
Waktu beli bahkan ngantrinya sampai ke pintu-pintu. Antriannya panjang jadi harus sabar. Keunggulan dari baso Boedjangan ini gak hanya terletak di basonya, tapi juga kuahnya guys.

Ada varian rasa kuahnya yakni:
Kuah Taichan: Ini kuahnya favorite saya bangetlah pokoknya, ini cocok buat yang suka pedes. Pedes kuahnya lumayan greget dan nampol. Segarlah pokonya.
Kuah Pedas Rawon: Ini juga enakkkk. Gak perlu takut kerasa manis, karena kuah rawon ini justru gak terlalu manis, ada pedasnya yang bikin rasa kuahnya ini pas dan mantaps jiwa.
Kuah kaldu tulang: Ini kuahnya gurih dan cocok buat yang gak terlalu suka pedas. Kuah yang segar dan hangat di seruput saat hujan-hujan :3
Untuk menu di baso Boedjangan sendiri hampir mirip-mirip kayak yang ada di baso Kemon, bedanya di baso Boedjangan ini gak ada baso kentung ataupun baso tulang sumsum.
Untuk yang unik dari baso Boedjangan sendiri, ada menu baso cuanki dan baso wagyu (daging cincang) ala-ala rasa steak gitu.
Kalau teman-teman mau coba biar gak cuma ngiler baca review ini, harus banget nih dateng ke Jl. Ir. H. Juanda no.84-86,Margahayu, Bekasi Timur. Deket dari proyek Bekasi guys.

Dari 1-10, saya kasih nilai 8.5 untuk baso Boedjang ini karena rasanya yang termaknyus. Oiya untuk harga berkisar sekitar Rp.15.000-Rp. 29.500 (belum termasuk harga varian kuah).
Segitu dulu review Baso hits kali ini. Musim hujan, harus banget nge-baso guys!

note: maaf gak ada foto basonya, karena reviewnya dibuat setelah basonya habis dan belum sempat taking picture. *efekterlalumenikmati :p

Thank you for reading^^




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalamnya Makna Lagu ‘Let Me Breathe’ – Harris J

Resensi Buku : Imam Syafi'i (Pejuang Kebenaran)

Musafir dan Si fakir ilmu