Talk About Dream | Real Passion





Assalamualaikum KacangMata readers,

Lama tak jumpa di label “Just Writing” kali ini saya akan membahas benang merah yang sedang saya jumpai pada kehidupan saya belakangan ini. *pentinggituyun :v
Saya mau share apa yang saya alami selama hampir dua tahun belakangan ini. Bingung sih harus mulai nulis darimana. Karena yang mau saya ceritain di postingan saya kali ini bener-bener absurd bin random. Semoga gak ada KacangMata readers yang sakit mata baca postingan unfaedah saya ini.

Postingan ini beda, bener-bener beda. Bukan tentang review buku yang saya baca, bukan tentang puisi ataupun CeBan (Cerita Bantet) tapi kali ini saya mau “TJURHAT” biar saya bisa ngeluarin segala unek-unek saya yang udah jarang banget saya tumpahin lagi ketulisan. Please, biar pada gak pusing-pusing sama tulisan saya, lambaikan tangan aja ya shay kalo udah berkunang-kunang palanya, ulala~

Berawal dari hidup saya yang banyak berubah setelah lulus kuliah di tahun 2016.
Saya tau yak ini random abis, tetiba saya mundurin waktu jadi 2016. Tapi memang saya merasa di umur saya yang sudah 19 tahun (ditambah 5) ._. ini terasa seperti menjalani kehidupan bak roller coaster.

Dulu saya bener-bener inget, satu-satunya impian saya setelah lulus kuliah itu cuma satu, yaitu jadi reporter yang mantep badai ataupun jadi host acara travel. Pokoknya kerja di stasiun TV getoh. Bayangan saya setelah lulus adalah -->  Ngelamar di perusahaan media atawa stasiun TV, saya dipanggil interview, keterima jadi reporter, ditugasin diluar kota ataupun luar pulau sampe luar negeri gils, terus saya bisa jalan-jalan dan bertambah wawasan serta pengalaman.

Yes, but in fact, it is just my daydream. Okay shay, balik ke reality yuk. Kalo dibayangin ulala gils~, cakep amat ye, saya bengong aja berurutan gitu, ada prosesnya. But you can see time is flies, diawal banget saya lulus saya udah coba menyebar syantik CV saya ke beberapa stasiun TV ternama Indonesia, dan gak satupun ada stasiun TV yang undang uwe untuk interview. 

Setelah saya mencoba realistis, ternyata emang bener sih, untuk kerja di stasiun TV itu gak semudah ekspektasi. Meskipun saya ada background jurnalis (sebenernya saya ambil jurusan Bahasa & Sastra Inggis, yang di semester 6 ambil peminatan Jurnalis), dan seengganya memahami cara kepenulisan berita itu kayak apa. Itu aja gak bakal cukup cuy. Karena ya  tetep aja yang keterima itu kebanyakan dari anak-anak universitas negeri, yang dari jurusan ataupun kampus Jurnalis ternama, dan pastinya yang banyak relasi (punya kerabat ataupun teman yang udah duluan kerja disana).

Disini saya sama sekali gak minder atau gimana. Karena yang saya tahu istilahnya “Ridhonya Allah, ridhoNya orangtua”. Sebenernya nih orangtua ogut, khususnya Enyak babeh saya gak setuju banget kalo saya jadi reporter sekalipun itu adalah cita-cita saya dari SMP. Alasan beliau-beliau adalah karena saya perempuan. Yaa seperti kalian tahu jadi reporter itu kudu siap sedia mobile, harus sedia dikala liputan pagi buta ataupun malam hari menuju pagi sedikit cemas banyak rindunya~ *Lah-abaikan please*
Itu sih yang bikin orangtua uwe khawatir gitu. Selain itu orangtua saya juga melihat sisi gelap jurnalis yang jaman now terlalu sering menjadi “tumpangan politik”
Banyak banget berita yang sebenernya biasa-biasa aja, tapi dikompor-komporin biar panas shay. Nilai objektivitas berita makin kesini makin pudar. Bisa kehitung cuma beberapa media yang masih mempertahankan nilai objektivitas tersebut. 

Terlepas dari sisi gelap itu semua, saya memang pernah jadi orang yang naïf dan beranggapan  jurnalis itu dunia yang menyenangkan dimana menjadi reporter adalah tugas yang mulia, yakni menyampaikan berita dikala hujan, panas, badai, yang gak jarang saya lihat di berita, beberapa reporter justru gugur dalam tugasnya saat meliput di medan berita.
That’s way I proud to become journalist.
Ketika saya masih agak sedikit kesel sama “daydreams berurutan” yang gak menjadi nyata itu, pada akhirnya saya nemuin benang merah kenapa dititik itu juga saya harus ngelupain mimpi saya jadi reporter ataupun kerja di stasiun TV,  dan saya yakini bahwa itu adalah pilihan Allah. Dan pilihan Allah pasti yang terbaik.


Oke, kita mulai tarik benang merah pertama shay.
Saya punya tetangga yang tinggalnya pas banget depan rumah saya, Bapak-bapak gitu kan. Nah Bapak ini emang suka ngobrol sama bokap saya. Si Bapak ini baru banget di PHK oleh salah satu stasiun TV (sorry yak disini saya akan selalu bilang “stasiun TV” dan gak akan nyebutin namanya karena gak mau frontal) haha.
Bapak tetangga ini tadinya bekerja sebagai auditor yang jam kerjanya itu pastinya bukan office hour. Dimana siklus tidurnya dibalik shay, siang itu waktunya tidur dan istirahat, dan malamnya, tepatnya dini hari gitu sih, si Bapak ini akan berangkat kerja dan mulai beraktivitas.

Nah si Bapak ini tadinya lumayan banget gajinya waktu jadi auditor, pokoknya gajinya udah 2 digit. Terus dikarenakan di stasiun TV A tersebut ada pengurangan pegawai gitu, si Bapak tetangga ogut ini akhirnya kena PHK dan akhirnya pindah kerja ke stasiun TV B.
Pas Bapak tetangga uwe pindah ke stasiun TV B ini ternyata gajinya itu ¼ dari gaji yang dia terima di stasiun TV A tempat kerjanya dulu. Dan yaa kerja di stasiun TV itu emang tekanannya ulala banget.

Kebetulan banget, sebelumnya saya emang mau walk in interview ke stasiun TV B. Siang itu saya udah ngeprint CV dan siapin berkas-berkas lamaran saya yang tinggal dimasukin ke amplop coklat ala ala. Tapi entah kenapa saya ngerasa ragu. Pas bokap saya nanya saya mau interview dimana, yaa saya cerita mau ke stasiun TV B, langsunglah tuh bokap saya cerita tentang Bapak tetangga yang tinggal depan rumah saya itu. Dan dari info temen saya juga, ternyata kalau kerja di stasiun TV B itu awalnya sistem kontrak setahun, terus kalo diterusin ditambah 2 tahun lagi, TAPI dengan syarat ijazah asli ditahan. Karena saya paling males yang namanya tahan menahan ijazah, niat saya pun urung buat berangkat untuk ikutin walk in interview ke stasiun TV B.

Oiya, kalo kalian mau tahu saya sekarang kerja dimana. Saya kerja sebagai brand ambassador (ini majas hiperbola) wkwkwk disalah satu Travel agent Indonesia yang iklannya bisa diliat di stasiun-stasiun (kagak mau nyebut brand, karena gak di endorse uga :p )
Intinya kerjaan saya sekarang berbanding jauh sama impian saya selama ini. Tapi saya berharap saya bisa jadi manusia yang penuh dengan rasa syukur. Aamiin aamiin aamiin
Dan ternyata di tempat kerja saya sekarang ini lagi-lagi saya menemukan benang merah selanjutnya kenapa saya harus berhenti untuk berharap menjadi reporter. Waktu lagi break (istirahat), saya makan sianglah sama rekan kerja saya yang ternyata dia ini mantan reporter di media cetak. Disitu dia share pengalaman dari suka duka jadi reporter itu kayak gimana. Dia juga share pengalaman dia waktu pernah ikutin interview yang bahkan sampai lolos untuk ke tahap terakhir yakni taking camera. 

Oke, saya kasih klu sedikit tentang stasiun TV yang pernah dilamar sama temen saya ini. Jadi stasiun TV ini sangat kental sekali nuansa “kampanye” serta perkomporannya guys. Saat di interview sama user, temen saya ini ditanya begini “Kalau nanti kamu udah mendapatkan fakta dilapangan adalah A, lalu karena redaktur kamu merasa berita kamu sama sekali “gak menjual”, apakah kamu bersedia kalau harus menyampaikan fakta itu menjadi B?”

Dan disini, dengan nuraninya, temen saya jawab “gak bersedia” tanpa mikir panjang kalo jawabannya dia itu bakal diterima or engga sama si user. Saya paham banget pertanyaan interview itu memang kadangkala menjebak. Tapi saya yakin, pertanyaan dari user tersebut memang ada kaitan eratnya dengan berita yang selama ini disajikan sama tuh acara TV. Karena emang sih tuh stasiun TV kalo bikin berita terkesan provokasi dan keliatan banget pro ke siapa. Dan kebetulan itu channel TV juga jarang dan males banget saya tonton meskipun “agak keliatan intelektual” gitu karena emang beritanya nuansa kompor gas shay. Jadi males hayati nontonnya.

Jadi sedikit banyaknya benang merah yang saya dapetin selama dua tahun belakang ini menyadarkan saya bahwa dunia Jurnalis itu mempesona, membuka cakrawala dunia dan membuat luas wawasan. Namun di satu sisi lain, ada sisi gelap yang hanya bisa kita lihat dengan mata hati kita bahwa nurani tak akan tega untuk berkhianat kepada fakta yang ada.

Pada akhirnya saya beranggapan bahwa mimpi saya selama ini menjadi reporter adalah angan yang gak harus diwujudkan dengan saya harus bener-bener kerja jadi reporter berita atawa semacamnya. Saya yakin ada banyak cara untuk menyalurkan passion saya ini. Sebenernya saya lagi kepikiran bisa punya channel sendiri di youtube dan bisa bikin konten yang edukatif dan informative. Tapi sampai sekarang itu masih jadi just idea, I’m still thinking about it to realize, mudah-mudahan segera bisa terealisasikan ya guys, mohon doanya. Saya berharap kedepannya saya akan dibersamai dengan orang-orang yang punya passion yang sama kayak saya dan nantinya kita bisa berkarya dan menebar energi positif dan mantaps jiwa~

Thank you for reading. Keep HAMASAH!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalamnya Makna Lagu ‘Let Me Breathe’ – Harris J

Resensi Buku : Imam Syafi'i (Pejuang Kebenaran)

Musafir dan Si fakir ilmu